Rahasia Cara Mengatasi Perut Kembung pada Bayi di Bawah 1 Tahun

cara megatasi sakit perut kembung pada anak bayi

Perut kembung pada bayi merupakan sesuatu hal yang wajar. Hal ini disebabkan karena organ pencernaan serta sistem pencernaan pada bayi belum berjalan secara maksimal. Sebagai orang tua, Anda tak perlu khawatir dan panik. Anda hanya perlu mengatasi perut kembung pada si kecil. Cara mengatasi perut kembung pada bayi cukup mudah. Perut kembung pada bayi memang sering membuat Ia menangis dan rewel. Memang perut kembung dapat membuat tidak nyaman. Perut kembung biasanya ditandai dengan perut si kecil yang menggembung dan sering buang angin. Selain itu, perut kembung pada bayi juga didapat diketahui dengan cara mengetuk perut si kecil secara pelan-pelan. Jika ada bunyi menyerupai udara di dalam perut, itu tandanya bayi Anda sedang kembung.

Apabila bayi Anda sedang mengalami perut kembung, Anda tak boleh membiarkannya begitu saja. Anda perlu mengambil tindakan atau langkah untuk mengatasi perut kembung pada si kecil. Perut kembung pada bayi dapat disebabkan karena faktor makanan. Bagi si kecil yang sedang diberi asupan nutrisi tambahan dari makanan yang tergolong masih baru di lidah si kecil, ini akan menjadi salah satu penyebab terjadinya perut kembung. Para bunda biasanya memberi makanan pada si kecil saat usianya menginjak 6 bulan. Oleh karena itu, wajar saja jika si kecil pada usia 1 hingga 12 bulan sering mengalami perut kembung. Nah, sebagai orang tua, Anda harus tahu cara mengatasi perut kembung pada bayi.

Cara mengatasi perut kembung pada bayi berusia 1 tahun ke bawah sebenarnya mudah. Kali ini kami akan bocorkan kepada Anda mengenai cara atasi perut kembung pada bayi.

– Menggendong si kecil dengan posisi tegak dan bersandar pada bahu Anda. Anda tepuk-tepuk secara halus pada bagian punggung si kecil hingga si kecil sendawa.

– Tidurkan si kecil dengan posisi tidur terlentang. Kemudian berikan gerakan pada kaki si kecil seperti gerakan kaki saat mengayuh sepeda. Gerakan ini dapat memudahkan gerak usus pada si kecil dan mempermudah si kecil untuk buang gas.

– Mengoleskan baby oil pada si kecil agar memberi kehangatan pada tubuh si kecil.

– Pijat perut bayi secara lembut searah jarum jam atau dengan menengkurapkan bayi sambil diusap-usap bagian punggungnya. Saat memijat, Anda juga dapat sambil membalurkan baby oil agar si kecil merasa hangat pada bagian perut.

– Hindari penggunaan dot pada bayi yang sedang kembung

– Biarkan bayi bergerak aktif agar pencernaanya lancar.

https://www.zwitsal.co.id/momen-perawatanku/cara-mengatasi-perut-kembung-pada-bayi-baru-lahir

Beberapa cara di atas merupakan langkah awal untuk mengatasi perut kembung pada bayi. Cara mengatasi perut kembung pada bayi yang banyak digunakan oleh para ibu yaitu dengan membalurkan baby oil atau minyak telon pada perut bayi. Salah satu produk baby oil yaitu Zwitsal baby oil. Zwitsal baby oil merupakan minyak bayi yang mengandung banyak vitamin E serta aloe vera atau lidah buaya yang dapat menjaga kesehatan dan kelembutan kulit. Jadi, sebagai orang tua, Anda tak perlu khawatir dan panik jika bayi Anda mengalami perut kembung.

Comments are closed.

Post Navigation